Jumat, 28 September 2012

RUJAK CINGUR



RUJAK CINGUR


Ketika mendengar nama makanan diatas apa yang terlintas di banak anda?? Mungkin yang terpikir adalah makanan yang terbuat dari buah buahan yang dipadu dengan sejenis saus manis dan segar,,,eitt,tunggu dulu, ditinjau dari istilah kata “Rujak“ okelah tidak salah, Rujak memang biasanya terbuat dari buah buahan yang diiris kecil kecil atau ditumbuk yang dicampur dengan sambel manis. Kalau kata „’“Rujak“ tadi kita gabungkan dengan kata “CINGUR“ hasilnya akan sedikit lain, bagi orang yang belum terbiasa memakan makanan ini mungkin agak sedikit aneh, kita kembali pada arti kata “CINGUR“. CINGUR adalah kata lain untuk hidung atau mulut sapi, jadi silahkan dibayangkan sendiri jika anda belum pernah memakan makanan ini.

Rujuk Cingur adalah salah satu makanan khas kota Surabaya. Makanan ini terdiri dari beberapa paduan sayuran missalnya sayur kangkung, mentimun,kacang panjang, kecambah dan yang tidak ketinggalan yaitu Cingur atau bibir sapi. Paduan bahan bahan tersebut kemudian disiram dengan saus yang terbuat dari kacang tanah dan bumbu dapur lainya.

Bagi warga kota Surabaya dan sekitarnya tidak sulit untuk menemukan makanan ini, tapi bagi anda yang berdomisili di kota Jakarta, terdapat tempat makan rujak cingur yang cukup recommended, yaitu di daerah ciputat dan daerah pancoran,kalau yang didaerah ciputat kalau tidak salah nama rumah makanya “Amoris”, berada di sebelah universita Achmad Dahlan Ciputat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar